Khasiat Jus Wortel: Kukus Agar Memperbesar Penyerapan Betakaroten Yang Baik Untuk Tubuh

Kukus Jus Wortel: Memperbesar Penyerapan Betakaroten Pada Sel-Sel Wortel
Kukus Jus Wortel

Khasiat Jus Wortel: Kukus Agar Memperbesar Penyerapan Betakaroten Yang Baik Untuk Tubuh

Penulis: Pt. Em. Kuasa Bukit

Lingkupan Bacaan:

  • KANDUNGAN GIZI DAN ZAT YANG BERKHASIAT
  • KHASIAT WORTEL
    1. Memelihara Kesehatan Mata
    2. Mencegah Kanker Paru-Paru
    3. Mencegah Penyakit Kanker Lain
    4. Menurunkan Kolesterol Darah
    5. Menjaga Kesehatan Kulit
  • KHASIAT LAIN-LAIN
MauBergaya-Wortel atau carrot, yang biasa dimakan ialah akar tunggang yang membesar menjadi umbi berdaging bewarna jingga. Wortel adalah jenis sayuran akar yang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung beta karoten yang tinggi, dapat dimakan mentah atau dikonsumsi dalam bentuk jus wortel. 

Sebelum diblender atau dibuat jus, sebaiknya wortel mentah dikukus atau direbus setengah matang agar memperbesar penyerapan betakaroten. Hal ini agar seratnya menjadi lunak sehingga betakaroten terlepas dari sel-sel wortel. 

Sebuah wortel ukuran sedang mengandung sekitar 15.000 1 U betakaroten. Bila tubuh memerlukan vitamin A, hati akan mengubah betakaroten menjadi vitamin A.

  • KANDUNGAN GIZI DAN ZAT YANG BERKHASIAT

Wortel segar mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat nutrisi anti kanker, gula alami (glukosa, dektrosa, maltose dan laktosa), beberapa vitamin (Vit A, Vit B1, Vit B6, Vit C dan Vit K), berbagai mineral (Calsium, besi, kalium, fosfor, natrium, magnesium, mangan, sulfur, tembaga, kromium), Carotenoids (betakaroten, alfakaroten, lutein, likopen), pectin, biotin, asam foat dan lain – lain.

  • KHASIAT WORTEL
    1. Memelihara Kesehatan Mata:

      Betakaroten dalam wortel oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin A. jadi wortel berkhasiat memelihara kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan.

      Betakaroten dan lutein yang tinggi pada wortel atau jus wortel dapat mencegah rabun senja, mencegah terjadinya degenerasi macula yang menyebabkan kebutaan dan menekan perkembangan katarak senilis, yaitu katarak yang timbul pada usia lanjut.

    2. Mencegah Kanker Paru – Paru:

      Hasil penelitian menujukkan dengan mengkonsumsi wortel secara teratur akan menurunkan resiko kanker, terutama kanker paru – paru.

      Disamping betakaroten yang tinggi, kandungan kalium pada wortel berpotensi menetralkan racun yang ditimbulkan udara kotor termasuk asap rokok. (Sjahmien Moehyl, Ahli Gizi, 30 Makanan Super, Papas Sinar Sinanti, 2012).

      Orang – orang yang hidup dalam lingkungan udara kurang bersih, pekerja pabrik bengkel mobil dan para perokok dianjurkan mengkonsumsi wortel secara teratur.

    3. Mencegah Penyakit Kanker Lain:

      Penelitian Brigham & Women’s Hospital Boston menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi empat batang wortel selama lima hari sepekan, menurunkan resiko kanker indung telur (ovarium) sebanyak 54 %.

      Mengkonsumsi wortel secara teratur akan menurunkan 50 % resiko terhadap beberapa macam kanker seperti kanker kandung kemih, serviks, kolon, prostat, larynk dan esophagus. Konsumsi wortel juga menurunkan resiko kanker payudara postmenopause sampai 20 % . juga menurunkan resiko kanker lain seperti pancreas, ginjal dan lambung.

    4. Menurunkan Kolesterol Darah:

      Wortel juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan ASI, hepatitis dan mencegah stroke.

    5. Menjaga Kesehatan Kulit:

      Betakaroten merupakan antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan jantung mencegah teroksidasinya asam lemak tidak jenuh ganda, menjaga kesehatan kulit dan menghambat proses penuaan dini. Alfakaroten juga berkhasiat sebagai antioksidan.

  • KHASIAT LAIN – LAIN
Memperhatikan begitu banyak kandungan zat gizi dalm wortel, maka masih banyak khasiat yang belum disebutkan diatas, seperti kandungan serat yang tinggi menyebabkan wortel bersifat laksatif dan berguna mengatasi sembelit melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh dan lain – lain.


Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Khasiat Jus Wortel: Kukus Agar Memperbesar Penyerapan Betakaroten Yang Baik Untuk Tubuh" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Labels:

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.