Kandungan dan Manfaat Sayur Bayam Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis Yang Membahayakan Bagi Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Sayur Bayam Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis Yang Membahayakan Bagi Kesehatan

Sayur Bayam Dapat Meningkatkan Kualitas Daya Tahan Tubuh Dan Mencegah Berbagai Penyakit Yang Membahayakan Kesehatan


Contents:

Sayur Bayam berasal dari benua Amerika dan sekarang terlah tersebar keseluruh dunia dan tumbuh didaerah tropis dan subtropis. Di Indonesia bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditanam pada ketinggian antara 5 – 2000 meter dpl, tumbuh didaerah panas atau dingin. 

Bayam atau spinach (Inggris) tumbuh lebih subur didataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas. Ada kira – kira 5000 varitas bayam, ada yang dapat dimakan dan ada yang tidak. Sayur Bayam yang bisa dimakan diantaranya Amaranthus Gangeticus yang tumbuh di Amerika dan Amaranthus Tricolor yang tumbuh di Indonesia.

Sayuran Bayam sering dilalap dengan sambal setelah direbus. Bayam dapat pula dibuat sayur bening, sayur santan, campuran gado – gado atau pecal. Di Menado bayam sebagai salah satu bahan campuran bubur. Daun bayam mentah atau direbus sebentar dan diblender diminum dengan ampasnya sangat baik untuk mencegah sambelit.

Sayur Bayam mengandung protein yang tinggi dan ditambah zat – zat lain yang berkhasiat, maka dianjurkan diberikan pada anak – anak dan remaja yang sedang bertumbuh dan sekaligus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

KANDUNGAN NUTRISI DAN ZAT BERKHASIAT PADA SAYUR BAYAM

Bayam mengandung protein (asam amino lisin dan metionin), karbohidrat, serat, mineral yaitu Kalsium, Kalium, Mangan, Fosfor, Besi dan Zink, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, dan 
Vitamin C, Karoten, Niasin, Folat. 

Bayam hijau kaya akan chlorofil yang termasuk golongan flavonoid (sering dinamakan bioflavonoid) Chlorofil berkhasiat antioksidan dan berfungsi menetralkan radikal bebas sehingga mencegah DNA sel bermutasi menjadi ganas. Cholorofil juga berkhasiat mempercepat penyembuhan luka.


Kandungan Gizi Sayur Bayam.png

KHASIAT SAYUR BAYAM BAGI KESEHATAN

  • Mencegah Spina Besida

Kandungan asam folat yang tinggi dalam daun bayam, sangat dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil untuk mencegah spina bifida (kelainan tulang belakang) pada bayi yang akan lahir

  • Menurunkan resiko penyakit jantung, stroke dan kanker

Kandungan vit C, vit E, dan karoten yang tinggi dalam daun bayam menjadikan bayam salah satu jenis sayuran yang kaya antioksidan dan dapat menurunkan resiko terhadap Penyakit kanker, jantung dan stroke.

  • Bermanfaat Bagi Paru – Paru, Pencernaan Dan Mencegah Sambelit

Bayam bersifat mengeringkan kelembapan, karena itu baik untuk kesehatan paru – paru. Karena mengandung serat yang tinggi maka bayam potensial memperbaiki pencernaan dan meperlancar proses pembuangan air besar

Perhatian

Bayam sangat baik untuk kesehatan dan meningkatkan daya imun bagi lansia karena kandungan protein yang tinggi dan kandungan vitamin dan mineral yang potensial. 

Namun bagi orang yang mempunyai asam urat yang tinggi dan ada persoalan batu ginjal, jangan terlalu sering mengkonsumsi bayam karena bayam banyak mengandung purin dan asam oksalat.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Kandungan dan Manfaat Sayur Bayam Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis Yang Membahayakan Bagi Kesehatan" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.